Rabu, 31 Maret 2010

Vegetarian


Vegetarian

Murid  :Guru mengapa kita harus vegetarian?
Guru    :Karena kita mengikuti jalan bodhisattva. Bodhisattva artinya mahkluk yang telah mencapai penerangan. Seorang bodhisattva bercita-cita menolong semua mahkluk walaupun harus mengorbankan dirinya. Vegetarian adalah sila yang harus dijalankan oleh para bodhisattva. Bodhisattva maitreya disalah satu kehidupan lalunya pernah menjadi pertapa yang berpantang makan daging namun karena daerahnya terkena musibah sehingga orang jarang memberikan dana makanan lagi padanya. Ia hanya menghabiskan waktunya bermeditasi dihutan dengan tidak makan. Pada saat itu ada kelinci yang merasa iba kepada pertapa itu dan rela dagingnya dimakan oleh pertapa itu  agar kelak dapat mengajarkan dharma kepada semua mahkluk. Setelah mengatakan hal tsb kepada pertapa ia meloncat kedalam api.Pertapa tersebut menolak memakan daging kelinci itu. Lebih baik mati daripada memakan daging kelinci tersebut.  Akhirnya ia meloncat kedalam api sehingga ia pun mati terbakar . Kelinci itu adalah kehidupan lalu Buddha Sakyamuni dan Pertapa itu adalah Bodhisattva maitreya. Buddha Sakyamuni pernah terlahir sebagai burung puyuh tapi ia menolak memakan cacing hingga ia kurus dan kelaparan. Putri Miausan salah satu kelahiran Bodhisattva Avalokitesvara dari lahir tidak makan daging. Kita yang membina diri harus mengikuti jalan mereka. Apalagi para peneliti telah mengatakan anatomi manusia adalah untuk vegetarian. Para Bodhisattva telah mengerti tentang hukum karma dan kelahiran kembali. Mereka mengerti jika ia memakan daging sama dengan memakan sanak saudaranya sendiri yang lahir menjadi binatang.
                        Dalam kitab Suranggama Buddha Sakyamuni mengatakan:”Mahkluk hidup semuanya melanggar perintah membunuh. Ketika mereka menjadi manusia mereka makan domba, domba yang mati akan menjadi manusia. Dengan jalan ini mahkluk hidup semua mengalami kelahiran kembali berulang-ulang, hidup, makan salah satu dengan yang lainnya. Selamanya mereka terikat karma jahat,tidak dapat keluar dari lingkaran samsara”.
                        Telah banyak kelahiran dan kematian yang kita alami bahkan sanak saudara kita mengalami hal yang sama . Kita tidak tahu hal demikian kemungkinan besar daging yang kita makan adalah ayah,ibu atau saudara-saudara kita yang lahir sebagai binatang. Inilah yang membuat seorang bodhisattva menghindari makan daging.
                        Dalam lankanvantara Sutra jilid 4 Buddha Sakyamuni menjelaskan 1 alasan yang paling kuat kenapa kita harus menghindari makan daging.”Semua mahkluk pada mulanya dari sumber yang sama dan telah mengelilingi pengulangan lingkaran kelahiran dan kematian yang saling berhubungan dan telah menjadi 6 saudara dekat satu sama lainnya(ayah, ibu, anak, kakak, adik laki-laki dan perempuan). Oleh sebab itu jika kita mencintai saudara kita,kita tidak boleh makan daging”,
                        Dan masih banyak sutra lagi yg membahas menghidari makan daging bahkan banyak agama lain yang tertulis dalam kitab mereka tentang vegetarian. Kita dapat melihatnya diinternet atau buku vegetarian yang beredar sekarang.Jadi kita harus vegetarian mengikuti jejak para suci.

Tidak ada komentar: