Rabu, 31 Maret 2010

Mengenali Guru Hidup


 MENGENALI GURU YANG HIDUP
Murid  :Bagaimana kita mengenali guru yang hidup?
          Guru :Seorang pasien tidak dapat memperoleh obat dari dokter yang meninggal dunia walaupun ia begitu pandai. Begitulah seorang guru hidup datang dizamannya dan menolong orang-orang yang berada dizamannya. Setelah mereka meninggal dunia ia menunjuk seseorang untuk melanjutkan tugasnya. Hanya manusia yang dapat mengajar manusia inilah hukum alam. Para Buddha bodhisattva harus turun kedunia memakai jubah manusia untuk menolong manusia. Bodhisattva Avalokitesvara harus turun kedunia untuk menolong manusia. Ia lahir di negeri chinna sebagai putri miau san yang dikenal dengan dewi kwan yin. Bodhisattva maitreya pernah lahir sebagai biksu berkantong. Banyak bodhisatva yang turun kedunia tapi kita tidak mengenalnya.
                        Untuk mengenali mereka kadang sulit tapi setidaknya mereka dapat membuktikan kebenaran dalam kitab suci Buddha. Apa yang dilakukan Buddha Sakyamuni sedikit banyak mereka dapat melakukannya. Seperti dapat membawa orang kejalan penerangan dengan menunjukkan kesejatian. Mereka dapat membawa murid-muridnya mengunjungi alam-alam rohani seperti alam surga, neraka bahkan alam para Buddha. Yang lebih penting lagi mereka harus memiliki ribuan bahkan milyaran jelmaan untuk menjaga murid-muridnya baik jauh maupun dekat. Seperti yang tercantum dalam Sutra Ksitigarbha Bodhisattva diceritakan bahwa Bodhisattva Ksitigarbha memiliki badan jelmaan yang tak terhitung banyaknya dialam-alam neraka dan dalam Sadharma Pundarika Sutra diceritakan bahwa Bodhisattva Avalokitesvara memiliki badan  jelmaan yang ada disetiap alam dan dapat mewujud menjadi apa saja untuk menolong umat sengsara.
                        Buddha Sakyamuni dikenal sebagai guru manusia dan para dewa karena waktu muridnya bermeditasi  mereka melihat gurunya mengajar dialam dewa bukan hanya dialam manusia, karena gurunya dapat menjelmakan dirinya  untuk mengajar dialam-alam lain.
            Seorang guru yang hidup harus memiliki milyaran jelmaan untuk menjaga murid-muridnya secara rohani jika tidak iblis akan menyesatkan mereka. Seorang guru hidup harus maha hadir atau ada dimana-mana karena ia telah bersatu dialam semesta,ia telah menembus ruang dan waktu.
                        Jadi kita dapat mengetahui 3 syarat utama dari guru hidup yaitu:
            1.Guru tersebut harus bisa menunjukkan kesejatian kepada murid2nya.
            Apakah yang sejati itu? Cahaya dan suara adalah sejati, Cahaya dan suara ini dibicarakan dalam semua kitab suci. Cahaya dan suara ini diluar 5 indera(mata, telinga, hidung, mulut, jasmani). Cahaya dan suara ini berasal dari alam rohani bukan dari dunia ini.Walaupun orang itu mengalami buta dan tuli tapi jika diinisiasi ia dapat melihat cahaya dan mendengar suara ilahi ini.Walaupun ia meninggal ia masih dapat berlatih metode ini dialam-alam rohani. Seperti kita mengendarai kendaraan dimalam hari kita memerlukan cahaya lampu dan setidaknya ada suara mesin,jadi kita tahu bahwa kita sedang berjalan untuk pulang.
            2.Guru tersebut harus menunjukkan kebenaran dalam kitab suci dan membawa murid-muridnya mengalami apa yang tercantum dalam kitab suci tersebut. Seperti membawa muridnya ke alam rohani,surga,neraka bahkan alam buddha.
            3.Guru tersebut harus memiliki milyaran jelmaan.Jelmaan ini digunakan untuk mengajar alam-alam rohani dan menjaga murid-muridnya setiap saat.Dalam meditasi murid dapat melihat gurunya hadir dan membawanya kealam-alam rohani.
            Seorang guru hidup harus memiliki 3 badan yaitu tubuh jasmani,tubuh cahaya dan tubuh jelmaan.
            Jika Guru tersebut memiliki 3 ciri-ciri diatas yang tidak dimiliki manusia biasa pastilah ia guru yang hidup.Anda bisa menjadi muridnya.

           

Tidak ada komentar: