Jumat, 09 April 2010

JATI DIRI





Murid    : Guru bagaimana kita mengakhiri proses kelahiran kembali?
            Guru    : Jika anda melihat hukum karma mustahil untuk tidak lahir kembali,kenapa? karena dalam hukum karma apa yang kamu buat akan kamu terima.Tanam padi akan menerima padi. Karma artinya perbuatan.  Jika anda berbuat  jahat akan lahir dialam sengsara dan jika anda berbuat baik akan lahir dialam bahagia. Namun setelah anda lahir anda menciptakan karma lagi baik maupun buruk sehingga anda harus lahir lagi.Jadi sungguh sulit keluar dari roda samsara. Buddha Sakyamuni mengatakan dalam hukum 12 mata rantai yaitu dari kegelapan batin munculah bentuk2 karma,dari bentuk2 karma munculah kesadaran tumimbal lahir dan seterusnya...
            Jadi jika ada bentuk2 karma harus lahir lagi. Karma bisa dilakukan melalui pikiran,ucapan dan perbuatan.  Karma ibarat  hutang yang harus dibayar. Jadi bisa anda pikirkan sendiri?Bagaimana kita bisa keluar dari roda samsara jika masih ada karma.
            Tapi Buddha Sakyamuni telah membuka rahasia agar kita dapat terbebaskan yaitu dengan menemukan yang sejati,yang tidak lahir,tidak mati dan mutlak. Dalam Udana VIII:3 berbunyi:
            “Ketahuilah para bhikkhu bahwa ada sesuatu yang tidak dilahirkan, yang tidak menjelma, yang tidak tercipta, yang mutlak. Duhai para bhikkhu apabila tidak ada yang dilahirkan, yang tidak menjelma, ,yang tidak tercipta, yang mutlak maka tidak akan mungkin kita dapat bebas dari kelahiran, penjelmaan ,pembentukkan, dan pemunculan dari sebab yang lalu. Tetapi para bhikkhu karena ada yang tidak dilahirkan, yang tidak menjelma, yang tidak tercipta, yang mutlak maka ada kemungkinan untuk bebas dari kelahiran, penjelmaan, pembentukkan, dan pemunculan dari sebab yang lalu”.
            Jadi anda harus menemukan yang sejati baru dapat terbebaskan dari kelahiran kembali, Dalam sutra maha kesadaran sempurna telah dikatakan bahwa jati diri ini suci,terang benderang,tidak lahir dan tidak mati.Jati diri ini dikenal dengan sifat kebuddhaan. Nah sekarang anda harus menemukan cahaya jadi diri ini dengan kata lain mencapai penerangan.Untuk mencapai penerangan anda harus mencari Guru Penerang.

Tidak ada komentar: